Efektivitas Pemberian Konseling Keperawatan terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Mayor di Ruang Mawar RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan

M. Projo Angkasa, Isrofah Isrofah, Rustono Rustono

Abstract


Konseling merupakan proses pemberian informasi objektif dan lengkap, dilakukan secara sistematik dengan paduan keterampilan komunikasi interpersonal, dengan teknik pengajaran, bimbingan dan penguasaan pengetahuan, yang bertujuan untuk membantu seseorang mengenali kondisinya saat ini. Masalah yang sedang dihadapi dan menentukan jalan keluar atau upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian konseling keperawatan terhadap penurunaan tingkat kecemasan pasien pre operasi mayor (besar) di ruang Mawar RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-eksperimen dengan one group pre test-post test yang dilakukan pada pasien pre oprasi mayor di ruang mawar RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan dengan teknik sampling kuota dengan jumlah responden sebanyak 45 yang menjalani operasi mayor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil dari penelitian untuk perlakuan pada uji statistik Wilcoxon  signed ranks test ρ value sebesar 0,001 < 005, yang berarti ada perbedaan yang bermakna antara pre dan post. (H1diterima) artinya ada pengaruh konseling terhadap kecemasan pasien pre oprasi mayor. Dari hasil penelitian bahwa terdapat ada efektif antara pemberian konseling keperawatan terhadap penurunan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi mayor. RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan dan perawat di rumah sakit lain, diharapkan dapat menerapkan program pemberian konseling keperawatan pada pasien pre operasi, terutama operasi mayor.

Keywords


Konseling Keperawatan; Kecemasan; Pre Operasi

Full Text:

PDF

References


Asmadi. 2008. Konsep Dasar Keperawatan, Jakarta: EGC.

Bruner & Suddarth. 2001. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8, Volume 1. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Dharma, K. K. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Sawitri, E & Sudaryanto, A. 2008. Pengaruh Pemberian Informasi Pra Bedah Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pra Bedah Mayor Di Bangsal Orthopedi RSUI Kustati Surakarta. Berita Ilmu Keperawatan, ISSN 1979-2697, Vol. 1 No.1, 16 Maret 2008 :13-18: Dosen Keperawatan FIK UMS, Jln. Yani Tromol Pos 1 Kartasura.

Amri, K & Saefudin, M. 2012. Strategi Koping Pasien Dalam Menghadapi Kecemasan Pre Operasi Di Ruang Rawat Inap RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Jurnal Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan-Pekalongan.

Indah, L.Y. 2009. Efektifitas Preoperative Teaching Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan. Media Ners, volume 3 : Staf Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNDIP.

Mundakir. 2006. Komunikasi Keperawatan Aplikasi Dalam Pelayanaan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arita, M. 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Penerbit Fitramaya: Yogyakarta.

Notoatmojo, S. 2003. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Kedua Edisi Revisi. Jakarta: Rineke Cipta.

Morrison, P & Burnard, P. 2008. Caring & Communicating: Hubungan Interpersonal dalam Keperawatan. Edisi Kedua. Jakarta: EGC.

Rekam Medis. 2014. Laporan Data Kegiatan Rumah Sakit di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan.

Sjamsuhidajat, R & Jong, W.D. 2005. Buku Ajar Ilmu Bedah. Jakarta: EGC.

Smeltzer & Bare, 2002. Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.

Sofyan, Hadi, 2012. Pengaruh konseling terhadap kecemasan pada pasien pre operasi orif/oref di ruang rawat gabung RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan. Universitas Airlangga.

http://alumni.unair.ac.id/detail.php?id=65398&faktas=Keperawatan. Diakses pada tanggal 6 April 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.32584/jikmb.v1i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Central Java Nursing Center, Jl. Yos Sudarso No. 47-49 Genuk, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Tel / fax : (024) 769 13574 / (024) 769 13575 | Email: jurkep.kmb@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.