Pengaruh Teknik Relaksasi Otot Progresif terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Hemodialisa di RSUD Wonosari

Cahyo Pramono, Sri Sat Titi Hamranani, Muhammad Yudha Sanjaya

Abstract


Penyakit Ginjal Kronis atau sering disebut dengan Gagal Ginjal Kronis merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan memerlukan terapi pengganti ginjal yang berlangsung seumur hidup. Hemodialisa merupakan salah satu terapi pengganti ginjal yang sering diterapkan kepada pasien gagal ginjal kronis. Dalam menghadapi tahap – tahap dialisis, seringkali pasien hemodialisis merasakan kecemasan baik dari rentang paling ringan sampai dengan panik. Upaya yang dapat dilakukan perawat dalam mengatasi kecemasan pasien, adalah dengan melakukan teknik relaksasi otot progresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh teapi relaksasi progresif terhadap tingkat kecemasan pasien hemodialisa di RSUD Wonosari. Metodologi Penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan pendekatan one group pretest and posttest. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon untuk membandingkan antara nilain pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi relaksasi otot progresif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kecemasan pada pasien hemodialisa di RSUD Wonosari dengan nilai p value : 0,0001 (α < 0,05). Rekomendasi terapi relaksasi dapat dijadikan salah satu intervensi dalam mengatasi kecemasan pasien hemodialisa.

Keywords


Gagal Ginjal Kronik, Hemodialisa,Tingkat Kecemasan, Teknik Relaksasi Otot Progresif

Full Text:

PDF

References


Bosniawan, A. M. . (2018). Faktor faktor determinan yang berpengaruh pada kualitas hidup penderita gagal ginjal kronik di rsud sukoharjo.

Cecilia. (2011). Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dewi, S. P. (2015). Hubungan Lamanya Hemodialisa dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. 1–11.

Dharma, P. . (2014). Penyakit Ginjal Deteksi Dini dan Pencegahan. Yogyakarta: CV. Solusi Distribusi.

Hanum, R., Nurchayati, S., & Hasneli, Y. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan secara Individual tentang Pembatasan Asupan Cairan terhadap Pengetahuan tentang Pembatasan Cairan dan IDWG (Interdialytic Weight Gain) pada Pasien Hemodialisis. Jom, 2(2), 1427–1434.

Johnson, J. . (2005). Prosedur Perawatan di Rumah, Pedoman Untuk Perawat. jakarta: EGC.

Kesehatan, K. (2013). Riset Kesehatan Dasar RISKESDAS 2013.

Kozier, B., Erb, B. & S. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktik. jakarta: EGC.

Kushariyadi, S. and. (2011). Terapi Modalitas Keperawatan pada Klien Psikogeriatrik. jakarta: salemba medika.

Lestari, A. (2017). Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisis Berdasarkan Kuesioner Zung Self-Rating Anxiety Scale Di RSUD Wates Tahun 2017. (6), 67–72.

PERNEFRI. (2017). 10th Annual Report Of Indonesian Renal Registry.

Praptini, K.D., Sulistiowati, N.M.D., dan Suarnata, I. . (2009). Di Rumah Singgah Kanker Denpasar. (1).

Pratama, B. (2017). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Bersalin Fase Laten Di RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. (6), 67–72.

Rahmi, W. (2008). Gambaran Tentang Tingkat Kecemasan Pasien Yang Pertama Kali Menjalani Hemodialisa Di Ruang Hemodialisa RS Dr. M. Djamil Padang.

Rohma, A. (2015). Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronik. Retrieved from https://halosehat.com/penyakit/penyakit-ginjal/penyebab-gagal-ginjal

Sitiaga, S. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Asupan Protein Pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) Yang Menjalani Hemodialisa (HD) Rawat Jalan Di RSUD Kabupaten SukoharjoSri sitiaga.

Suwitra, K. (2006). Penyakit ginjal kronik. Dalam. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI.

Tjekyan, S. (2014). Prevalensi dan Faktor Risiko Penyakit Ginjal Kronik di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2012. 46(4), 275–282.

Utami, G. T. (2006). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Terapi Hemodialisis Di Rsud Arifin Achmad Pekanbaru




DOI: http://dx.doi.org/10.32584/jikmb.v2i2.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah

Central Java Nursing Center, Jl. Yos Sudarso No. 47-49 Genuk, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Tel / fax : (024) 769 13574 / (024) 769 13575 | Email: jurkep.kmb@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.