GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KARYAWAN TENTANG KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI KEBAKARAN DI PERUSAHAAN GARMEN

Authors

  • Istiqhat Sah Nur Fatikhah Universitas Diponegoro
  • Dody Setyawan Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.32584/jikk.v3i1.560

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan Kebakaran

Abstract

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Kebakaran sering disebabkan karena kelalaian manusia baik secara langsung maupun tidak langsung dan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Industri pakaian masuk kedalam klasifikasi kebakaran sedang 3 yang berarti memiliki potensi kebakaran dan api dapat menyebar secara luas dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu karyawan pabrik harus siap siaga dalam menghadapi bencana kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap karyawan tentang kesiapsiagaan mengahadapi kebakaran. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif survey kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 267 karyawan perusahaan garmen yang dipilih menggunakan teknik  probability proportionate random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan kebakaran dari penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas karyawan (92,1%) memiliki pengetahuan yang baik tentang kesiapsiagaan bencana kebakaran. Responden juga memiliki sikap yang baik mengenai kesiapsiagaan menghadapi kebakaran, yaitu sebanyak 52,4%. Perusahaan disarankan untuk mengikutsertakan seluruh karyawan dalam setiap pelatihan kesiapsiagaan kebakaran rutin setiap 6 bulan sekali untuk meningkatkan sikap karyawan.

Author Biographies

Istiqhat Sah Nur Fatikhah, Universitas Diponegoro

Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran

Dody Setyawan, Universitas Diponegoro

Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran

References

Alie Humaedi, M., Hakam, S., Seftiani, S., & Kartika Propiona, J. (2016). Entografi Bencana : Menakar Peran para Pemimpin Lokal dalam Pengurangan Resiko Bencana (M. Alie Humaedi, ed.). Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, F., & Romadhoni, M. N. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Santri dengan Tindakan Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran di Pondok Pesantren Al-Fitrah Kedinding, Kota Surabaya. In Kesehatan Masyarakat. Surabaya.

Azrini, M., Denny, H. M., & Widagdo, L. (2015). Studi Tentang Perilaku Operator Dalam Kesiapsiagaan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Di PT . X Suralaya. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 3(April), 524–534.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang. (2018b). Data Bencana Alam di Kota Semarang Tahun 2018

Dewi, S. A. K. (2015). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Kebakaran di Kecamatan Ciracas , Jakarta Timur UNIVERSITAS INDONESIA Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Kebakaran di Kecamatan C. Universitas Indonesia.

Djafar, M. I., Mantu, F. N., & Patellongi, I. J. (2015). Pengaruh Penyuluhan tentang Kesiapsiagaan Bencana Banjir Terhadap Pengetahuan dan Siap Kepala Keluarga di Desa Romang Tangaya Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makasar.

Dzulfikar, M., Purwaningsih, & Makfudli. (2015). Analisis beberapa faktor yang berhubungan dengan peran perawat dalam penanganan kecelakaan kerja di beberapa perusahaan di Kabupaten Gresik. 31–38.

Fitriana, L., Suroto, & Kurniawan, B. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Upaya Kesiapsiagaan Karyawan Bagian Produksi dalam Menghadapi Bahaya Kebakaran di PT Sandang Asia Maju Abadi. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(3), 295–307.

Fitriyana, I., Ekawati, & Kurniawan, B. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat pada Aviation Security Terhadap Bahaya Kebakaran di Terminal Bandara X. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 4(No. 3), 416–424. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm

Karimah, M., Kurniawan, B., & Suroto. (2016). Analisis Upaya Penanggulangan Kebakaran di Gedung Bougenville Rumah Sakit Telogorejo Semarang. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal), 4(4), 698–706.

Miranti, R. S., & Mardiana. (2018). Penerapan Sistem Proteksi Aktif dan Sarana Penyelamatan Jiwa sebagai Upaya Pencegahan Kebakaran. Journal of Public Healts, 2(1), 23–32.

Pangesti, A. (2012). Gambaran tingkat pengetahuan dan aplikasi kesiapsiagaan bencana pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tahun 2012.

Patuju, A. (2018). Hubungan Sikap terhadap Resiko Bencana Kebakaran dengan Kesiapsiagaan Menghadapi Kebakaran di Pemukiman Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu. Kalimantan Timur.

Ramli, S. (2010). Petunjuk Praktis Manajemen Kebakaran (Fire Management) (1st ed.; H. Djajaningrat, Ed.). Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Riyanto, & Budiman. (2018). Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wahyuni, E. (2011). Tingkat pengetahuan siswa tentang kesiapsiagaan bencana di SMAN 1 Pariaman Sumatera Barat dan SMAN2 Depok Jawa Barat Tahun 2011. Depok.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Fatikhah, I. S. N., & Setyawan, D. (2020). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KARYAWAN TENTANG KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI KEBAKARAN DI PERUSAHAAN GARMEN. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.32584/jikk.v3i1.560

Issue

Section

Articles